“Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik”

 

Subhanallah. Itulah satu kata yang menurut saya sangat mendeskripisikan buku ini.

Buku, atau mungkin bisa dibilang biografi, ini ditulis oleh Martin Lings (Abu Bakr Siraj al-Din) dan ternyata pertama kali diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1991. Beliau membuat biografi ini berdasarkan berbagai karya sejarah Islam pada abad ke-8 dan ke-9 Masehi dan juga kumpulan Hadis Nabi pada abad tersebut. Edisi terbaru yang berbahasa Indonesia merupakan cetakan ke-12 pada tahun 2013 oleh penerbit Serambi. Dilihat dari jumlah cetakannya saja, tidak heran jika buku ini terpilih sebagai biografi Rasulullah terbaik dalam bahasa Inggris pada konferensi Sirah Nasional di Islamabad tahun 1983. Sejak itu, karya ini telah dipublikasikan ke dalam berbagai bahasa: Prancis, Italia, Spanyol, Turki, Belanda, Tamil, Arab, Jerman, Urdu, dan Indonesia. Kemudian pada 1990, Martin Lings menerima bintang kehormatan dari Presiden Hosni Mubarak karena buku ini berhasil mencuri perhatian Universitas al-Azhar Kairo.

Sedikit tentang penulis, Martin Lings lahir tahun 1909 di Inggris dan wafat pada usia 96 tahun. Setelah meraih gelar sarjana bahasa Inggris dari Oxford dan sastra Arab dari Universitas London, cendekiawan-sejarawan mualaf ini juga memperoleh gelar Ph.D. dari School of Oriental and African Studies. Beliau juga banyak membuat karya sastra mengenai sufisme dan tasawuf. Komitmennya terhadap Islam terbawa sepanjang hayat. Bahkan, sepuluh hari sebelum meninggal dunia, Lings masih sempat menjadi pembicara di depan tiga ribu pengunjung pada acara Maulid Nabi Muhammad yang diadakan di Wembley.

Menurut saya, Martin Lings mempersembahkan sebuah biografi tentang Rasulullah dengan gaya penulisan yang sangat terstruktur dan mudah dimengerti sehingga sangat menarik untuk dibaca. Lings menceritakan sejarah Rasulullah dari sebelum Beliau lahir hingga meninggal, termasuk bagaimana Beliau menjalani hidup sebagai seorang Rasulullah yang memang patut diteladani dan diikuti, jalannya perang, pertemuan dengan para sahabat, pertemuan dengan para istri Nabi, kebingungan Nabi ketika istrinya difitnah, hingga bagaimana cinta Muhammad terhadap anak dan cucunya.

Lembar demi lembar saya baca dengan sangat antusias, tidak ada bab yang tidak membuat saya kagum. Ada saat di mana saya membaca sampai merinding, tertawa, terpesona, kagum, sedih, bahkan menangis. It’s true. Membaca biografi ini membuka wawasan saya menjadi lebih luas mengenai bagaimana kelakuan dan pemikiran seharusnya seorang Muslim.

Jadi, jika kalian mencari salah satu referensi biografi Rasulullah yang menggugah hati, saya wajibkan untuk membaca buku ini.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya.

“Tidak ada kutipan yang lebih baik daripada sabda Rasulullah dan ayat Al-Qur’an”

“Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik”

2 thoughts on ““Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s