Resensi Buku #1 – “Presiden Jokowi : Harapan Baru Indonesia”

Halo-halo semuanya.

Kali ini saya akan memulai lagi menulis blog, diawali dengan resensi sebuah buku yang baru saja selesai saya baca : “Presiden Jokowi : Harapan Baru Indonesia”

Presiden Jokowi - Harapan Baru Indonesia

Sebelum membahas tentang buku ini, ada beberapa hal yang ingin saya jelaskan.

Dasarnya, hal pertama yang saya lihat dalam membeli sebuah buku yaitu :

  1. Melihat keunikan sampul
  2. Melihat judul
  3. Melihat sedikit penjelasan buku tersebut pada bagian belakang buku
  4. Kalau beruntung, membaca secara cepat isi bukunya (nah, di toko buku tertentu biasanya ada salah satu buku yang plastiknya sudah terbuka. Entah disengaja oleh pihak toko buku atau tidak, yang penting saya berterima kasih, hoho)

Oke, dari pertimbangan di atas, saya melihat buku ini cukup menarik untuk dibeli dan dibaca, mengingat sekarang masih hangat isu Presiden Indonesia yang baru. Namun tolong diingat, pembelian dan resensi buku ini bukan karena saya fanatik Jokowi, tapi memang karena pertimbangan objektif.

Lanjut bro.

Buku ini diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo (Liat penerbit ini jadi inget komik-komik tahun 90-an ngga sih? Doraemon, Dragon Ball, dsb. #gapenting). Nah menariknya, penulis buku ini adalah Warga Kompasiana. Kompasiana  adalah suatu blog yang diterbitkan oleh Kompas.com, sehingga buku ini tidak hanya ditulis oleh satu pengarang tetapi kumpulan tulisan berbagai penulis yang terpilih dengan pikiran dari sisi yang berbeda-beda mengenai Jokowi.

Total terdapat 232 halaman isi yang terdiri dari 23 goresan pemikiran (tulisan) dari 21 Warga Kompasiana terpilih. Inti dari buku ini adalah membahas bagaimana jenis kepemimpinan, harapan, tantangan dan peluang yang dimiliki dan harus diatasi oleh Jokowi serta Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. Para Warga tersebut membahas sisi Religiusitas, membaca filosofi Jokowi-JK, bagaimana karakter mereka berdasarkan falsafah Jawa, apa visi geopolitik mereka, bagaimana mereka mengembangkan IPTEK, hingga pengaruh Jokowi-JK terhadap Kohesi Sosial.

Setelah selesai membaca buku ini, saya mendapat gambaran mengenai visi dan misi Jokowi-JK serta apa saja tantangan yang harus mereka hadapi. Sisi positifnya, kebanyakan dari tulisan ini dibuat berdasarkan data dan analisis, kemudian ada sumber terpercaya untuk beberapa isu. Negatifnya, memang terlihat ada beberapa tulisan yang cenderung subjektif dan memaksakan teorinya. Namun secara keseluruhan, buku ini layak dibaca bukan hanya untuk mengetahui pemikiran dan harapan terhadap Jokowi-JK, namun menurut saya ada hal penting lain yaitu menambah pengetahuan mengenai beberapa masalah yang harus kita hadapi sebagai rakyat Indonesia. Karena bukan Jokowi-JK yang bisa mengubah negara kita tercinta ini, tetapi SETIAP insan manusia yang ada di dalamnya.

Jika tertarik, buku ini bisa dibeli seharga Rp 55.000,00 di toko buku terdekat.

“Perubahan dimulai dari diri sendiri.

Baca, Baca, dan Baca.”

Resensi Buku #1 – “Presiden Jokowi : Harapan Baru Indonesia”

One thought on “Resensi Buku #1 – “Presiden Jokowi : Harapan Baru Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s