What I Learned Today #1 – YOLO

Karena stress dengan Tugas Akhir dan kebosanan tingkat tinggi di akhir semester kuliah ini, alhasil saya sering membuka situs paling menghabiskan waktu sedunia yaitu 9gag.

Nah, ceritanya di situs itu saya sering menemukan akronim “YOLO”. Apaan tuh? Karena penasaran, saya gunakanlah internet ini untuk hal yang lebih berguna – mencari informasi. Daaan, ditemukanlah ternyata kepanjangan dari YOLO adalah “You Only Live Once” – “Kamu Cuma Hidup Sekali” – KCHS.

Image

Sekarang saya tertarik untuk membahas si YOLO ini.

Yap, kita hidup di dunia nyata yang memang cuma sekali, SEKALI. Ga ada darah tambahan, ga ada nyawa tambahan, ga ada pilihan “Retry?” kalau kita buat kesalahan. Dari istilah sederhana ini aja, banyak banget yang bisa kita pelajarin. Inilah beberapa hal yang bisa saya pikirkan dalam jangka waktu beberapa menit menulis blog ini.

     1. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

24 jam sehari, 7 hari seminggu. Uda cukup? Kurang? Berlebihan? Itu semua tergantung dari apa yang kita cari, apa yang kita kerjakan, gimana kita bisa mengatur waktu dengan baik. Well, kalau saya ambil contoh salah, janganlah jadi mahasiswa yang seharusnya mengerjakan TA, tapi malah membaca 9gag berjam-jam. Salah tuh.

Hargai waktu yang cukup itu untuk mengerjakan apapun yang menjadi prioritas, mengembangkan diri, mencari jati diri, cari cinta juga bolehlah, atau apapun yang memang bermanfaat untuk diri kita sendiri, lebih bagus lagi kalau bisa bermanfaat untuk orang lain juga.

YOLO, TCNSSR – You Only Live Once, Time Can’t be Slowed, Stopped, or Reversed.

     2. Jangan lakukan hal yang kalian tahu akan membuat penyesalan

Kadang kita terjebak di suatu kondisi di mana kita harus memilih pilihan yang berat. Contoh: ngerjain TA atau baca 9gag ya? Susah tuh milihnya kalau lagi bosen dan stuck sama TA. Contoh lain bisalah kalian cari sendiri dalam pengalaman hidup masing-masing.

Selalu inget, you can’t always do what you want, you have to do what you need to do. Semua manusia punya tujuan masing-masing, punya cita-cita masing-masing, punya sesuatu yang ingin diraih, dan adalah hak kita untuk melakukan yang kita mau. However, jangan sampai keputusan yang kalian ambil malah berujung pada penyesalan.

Terkadang kita ga tahu apakah keputusan kita ini benar atau salah, baik atau buruk. Kalau untuk milih antara TA atau 9gag, bisalah ya kita tentuin pake kemampuan otak sendiri yang mengesankan ini. Tapi untuk pilihan sulit, jangan lupa kalau selalu ada orang-orang di sekitar yang bisa membantu kita dalam memutuskan sesuatu. Mintalah saran pada keluarga, teman, atau siapapun yang bisa kalian ajak bicara dengan nyaman. Terima semua masukan mereka, dan tentukanlah mana pilihan yang terbaik. Jangan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri, apalagi orang lain.

YOLO, ANR – You Only Live Once, Avoid Any Regret.

     3. Ambil hikmah dari kesalahan

Berhubungan sama poin kedua nih. Kadang ada waktu di mana kita uda mikir mateng-mateng, tanya pendapat orang lain, memutuskan, mengeksekusi pilihan, eh, hasilnya gagal, merugikan diri sendiri, merugikan orang lain, menyesal, nangis, guling-guling, dan sebagainya. But hey ! Inilah realita bro ! Tidak semua yang kita pilih akan berujung dengan keberhasilan atau sesuai dengan yang diinginkan.

Ada orang bijak yang bilang, “kalau kita jatuh 100 kali, maka bangkitlah 101 kali”. Jangan pernah menyerah, ambil pelajaran dari semua masalah yang kalian hadapi ataupun kesalahan yang kalian perbuat. Manusia hidup untuk selalu menjadi lebih baik setiap harinya, dan untuk menjadi lebih baik terkadang manusia harus merasakan pahitnya kehidupan, dan mengambil hikmahnya.

YOLO, BBBE – You Only Live Once, Be Better and Better Everyday.

 

Yah, mungkin ini aja yang bisa saya tulis sekarang. Ada banyak lagi sebenernya makna dari “YOLO”, tapi saya persilakan para pembaca untuk menganalisis sendiri makna lainnya menggunakan salah satu karunia hebat yang diberikan pada manusia yaitu otak dan hati. Kenapa otak dan hati? Soalnya kadang otak bisa berbohong, tapi hati tidak.

 

Oiya, ada makna kecil yang mungkin terlewat oleh pembaca dari tulisan ini: Saya menghabiskan waktu sia-sia dengan membaca 9gag, tapi bahkan dari situs seperti itupun saya bisa mengambil banyak manfaat hanya dengan satu akronim “YOLO”. Jadi, kira-kira ada berapa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjalani hidup ini sejak bangun pagi hingga tidur?

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, saatnya mengerjakan TA.

“Apa yang Sudah Anda Pelajari Hari ini? – YOLO”

What I Learned Today #1 – YOLO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s