Cara Membuat Shortcut Key untuk Folder di Windows

          Wokeeee, untuk post ke-2 saya ini, saya akan memberitahu bagaimana cara untuk membuat shortcut key untuk folder favoritmu. Kenapa saya ngepost ini karena saya mahasiswa yang nyimpen data2 kuliah selalu di folder yang sama dan merasa ribet kalau harus ngeklik-ngeklik ke folder yang dituju, hehe.

          Pertama-tama saya beri tahu dulu maksudnya shortcut key itu apa. Shortcut key merupakan suatu kombinasi tombol di keyboard yang bisa dipakai untuk menjalankan perintah tertentu. Contohnya seperti yang ada di mozilla, kalau kamu pencet ctrl+T maka akan keluar new tab, kalau kamu pencet ctrl+shift+T maka bakalan keluar tab yang barusan kalian hapus, semacem itulah. Nah di post ini bakal saya ajarin membuat shortcut key untuk folder-folder tertentu di windows explorer. Monggooo disimak:

  1. Buka windows explorer, terus cari folder yang pengen dibuat shortcut key
  2. Klik kanan di folder tersebut, terus bikin shortcut ke desktop dengan cara: klik send to – klik desktop (create shortcut)

  3. Klik kanan folder yang ada di desktop, terus klik properties

  4. Bisa dilihat ada box shortcut key kan di window yang keluar. Kalau belum diisi apa-apa tulisan di box bakalan “none“. Tapi kalau di box tersebut kamu pencet huruf yang ada di keyboard (contoh huruf “A”), maka secara otomatis tulisan “none” bakal berubah menjadi “Ctrl+Alt+A”. Setelah itu klik ApplyOK.

Voila ! Shortcut key sudah siap untuk dipakai ! Tinggal pencet Ctrl+Alt+A maka kamu akan bisa langsung membuka folder yang kamu mau.🙂

Catatan tambahan:

  • Selain Ctrl+Alt, kamu juga bisa pilih shortcut dengan Ctrl+Shift atau Shift+Alt, tergantung selera. Namun jangan pakai kombinasi selain tiga itu karena takutnya crash sama program default Windows. Contoh cara memakai Ctrl+Shift, di box shortcut key kamu langsung klik Ctrl+Shift+Z, maka automatically berubah. Begitu juga untuk memakai Shift+Alt.
  • Shortcut key ini tidak hanya bisa dipakai untuk folder tapi juga bisa dipakai untuk shortcut aplikasi. Caranya sama seperti langkah 1 sampai 4 di atas.

Yap, semoga informasi saya bermanfaat untuk kalian yang memiliki masalah yang sama dengan saya, hoho.

Selamat mencoba !

Cara Membuat Shortcut Key untuk Folder di Windows

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s